Cara Meminjam Uang di Bank, Baca Sebelum Ambil Kredit

Meminjam uang di Bank merupakan hal yang umum dilakukan oleh para pelaku bisnis. Banyak sebab para pembisnis mengajukan pinjamannya ke Bank, ada yang dengan tujuan modal usaha, investasi, dan lain sebagainya. Cara meminjam uang di Bank khususnya untuk pemula akan penulis jelaskan kali ini, sebelumnya ada baiknya mengerti sedikit penjelasan sebagai berikut.

cara meminjam uang di bank

Cara Meminjam Uang di Bank, Baca Sebelum Ambil Kredit

Bank kian berkembang dengan merambahnya Bank Konvensional ke bisnis mikronya, yaitu dengan membuka unit-unit mikro di daerah-daerah seperti halnya BRI membuka BRI Unit di desa-desa, Danamon dengan DSP (Danamon Simpan Pinjam), Bank Mandiri dengan Mandiri Mitra Usaha, CIMB Niaga dengan Mikro Laju, Bank Bukopin dengan Swamitra dan lain sebagainya.

Bank-bank mikro tersebut umumnya dibuka guna membantu permodalan usaha masyarakat, berbagai produk ditawarkan dari bunga promo hingga pinjaman tanpa agunan. Lalu bagaimana cara meminjam uang di Bank tersebut?

Di sini saya selaku penulis hanya menyampaikan sedikit yang saya pahami tentang Bagaimana Cara Meminjam uang di Bank, hal pertama yang Anda lakukan adalah melengkapi syarat-syarat untuk diajukan, syarat tersebut meliputi;

  1. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) 
  2. Fotokopi KK (Kartu Keluarga) 
  3. Fotokopi Surat Nikah (bagi yang sudah menikah) 
  4. Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan setempat 
  5. Fotokopi Jaminan/Agunan (seperti BPKB/Sertifikat Tanah) 

Syarat-syarat lain tergantung dari kebijakan Bank masing-masing. Setelah syarat terpenuhi Anda bisa membawanya ke Bank yang Anda kehendaki misalnya BRI, Bank Mandiri, BNI, dll. Sesampainya di Bank Anda bisa menemui bagian Customer Service terlebih dahulu untuk menanyakan dan mencari informasi detail, atau langsung menemui Marketing bagian Kredit, Anda akan dijelaskan prosedur selanjutnya.

Dalam proses pengajuan ada hal-hal penting yang harus Anda ketahui, diantaranya...

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank

Setiap Bank mempunyai standart bunga pinjaman yang berbeda-beda, ada yang 1%, 2%, 2,5% dan lain sebagainya, carilah bunga pinjaman yang paling kecil, kalau ada 0% hehehhee...


PENTING!!! 
Bunga Bank dihitung dari pokok pinjaman, DAN HARUS DIBAYARKAN SETIAP BULAN!!! 
Hal inilah yang banyak tidak diketahui oleh para peminjam terutama pemula yang mengakibatkan kerugian yang lebih karena tidak tahunya sistem perhitungan bunga Bank. Berikut ilustrasinya..

uang bank


Jono mengajukan pinjaman ke Bank A sebesar Rp.50.000.000,0 (lima puluh juta rupiah) dengan bunga 2,5% diangsur selama 5 tahun atau 60 bulan.
Angsuran pokok (Jumlah pinjaman dibagi berapa kali angsur)Rp. 50.000.000,- : 60 bulan = Rp.833.333,- 
Bunga pinjaman (Persentase bunga dikali besarnya pinjaman)Rp. 50.000.000,- x 2,5% = Rp. 1.250.000,- INGAT!!! Bunga pinjaman juga dibayarkan tiap bulan selama masa angsuran. 
Besarnya angsuran Jono (Angsuran pokok ditambah bunga pinjaman)Rp. 833.000,- + Rp. 1.250.000,- = Rp. 2.083.333,- / bulan 
Jadi, Jono tiap bulan harus mengangsur sebesar Rp.2.083.333,- selama 60 bulan.
Jika Jono mengangsur sampai lunas selama 5 tahun berarti uang yang disetorkan Jono ke Bank sebagai berikut:
Rp. 2.083.333,- x 60 = Rp. 124.999.980,-

FANTASTIS BUKAN???

Dari pinjaman Jono Rp.50 juta dalam jangka 5 tahun total angsuran menjadi Rp.125 juta

Banyak yang tidak tahu teori ini sehingga banyak pengusaha yang akhirnya gulung tikar :)
Semoga pengertian dan ilustrasi di atas dapat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan meminjam uang di Bank.

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Pinjaman di Bank, Penting Diketahui!

0 Response to "Cara Meminjam Uang di Bank, Baca Sebelum Ambil Kredit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel